Home / Uncategorized / Penyuluhan Hukum “Pengaturan Hukum tentang Pemberitaan Palsu (Hoax)

Penyuluhan Hukum “Pengaturan Hukum tentang Pemberitaan Palsu (Hoax)

Dalam rangka dies natalis Fakultas Hukum Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR) ke-60, Lembaga Bantuan Hukum “Pengayoman” UNPAR (LBH “Pengayoman” UNPAR) melakukan kegiatan pengabdian masyarakat berupa Penyuluhan Hukum dengan judul “Pengaturan Hukum tentang Pemberitaan Palsu (Hoax)”. Peserta Penyuluhan Hukum adalah anak binaan di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Bandung (LPKA Bandung). Penyuluhan Hukum ini merupakan hasil kerja sama antara LBH “Pengayoman” UNPAR dengan Lembaga Advokasi Hak Anak (LAHA).

Pengertian Hoax secara singkat adalah pemberitaan palsu yang bertujuan untuk menipu orang. Pengaturan Hoax diatur dalam Pasal 28 ayat (1) Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE 2008). Selain itu, bagi pelaku dari penyebar Hoax diatur dalam Pasal 45A ayat (1) Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE 2016) diancam dengan pidana penjara paling lama 6 (enam) tahun dan/atau denda paling banyak Rp 1.000.000.000,00 (satu miliar rupiah).

Materi penyuluhan hukum dengan judul “Pengaturan Hukum tentang Pemberitaan Palsu (Hoax)” dibawakan oleh anggota LBH “Pengayoman” UNPAR (kepala, staf, dan relawan) serta ditujukan kepada anak binaan di LPKA Bandung yang beralamat di Jalan Pacuan Kuda No.3, Sukamiskin, Arcamanik, Kota Bandung. Pelaksanaan dari acara penyuluhan hukum tersebut berlangsung pada tanggal 19 Juli 2018.

LPKA_180723_0001