Home / Uncategorized / Penyuluhan Hukum “Hak Anak dalam Hukum di Indonesia” dengan Paralegal LAHA di Desa Kertamulya, Padalarang

Penyuluhan Hukum “Hak Anak dalam Hukum di Indonesia” dengan Paralegal LAHA di Desa Kertamulya, Padalarang

Anak merupakan salah satu subjek hukum. Setiap anak memiliki haknya masing-masing, baik dalam hukum pidana (hukum publik) maupun hukum perdata (hukum privat). Dalam hukum pidana, anak dimungkinkan menjadi seorang pelaku, korban, maupun saksi dari tindak pidana. Sedangkan dalam hukum perdata diatur hak anak dalam keluarga, hak anak memperoleh warisan, dan lain sebagainya.

Anak sebagai subjek hukum memiliki hak asasi manusia yang patut dilindungi untuk kemajuan generasi bangsa Indonesia. Beberapa pengaturan hukum mengenai hak anak telah diatur dalam berbagai regulasi, antara lain Undang-Undang Dasar Republik Indonesia Tahun 1945 (UUD RI 1945), Kitab Undang-Undang Hukum Perdata (KUHPerdata), Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2012 tentang Sistem Peradilan Pidana Anak, Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 tetang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak (UU Perlindungan Anak), dan lain sebagainya.

Pada kehidupan bermasyarakat, seringkali timbul beragam permasalahan mengenai hak anak dalam hukum perdata maupun hukum pidana. Permasalahan tersebut terlihat dari beberapa permasalahan yang ada di sekitar melalui persidangan anak dalam hukum pidana yang disamakan dengan persidangan orang dewasa, anak yang ditelantarkan orang tuanya, anak dipaksa bekerja untuk memenuhi kebutuhan ekonomi keluarga, dan lain-lain.

Oleh karena hal yang telah dipaparkan diatas, Lembaga Bantuan Hukum (LBH) “Pengayoman” Universitas Katolik Parahyangan melalui penyuluhan hukum ini bermaksud untuk mensosialisasikan informasi terkait hak anak dalam hukum di Indonesia kepada paralegal dan masyarakat setempat yang dilaksanakan pada 6 Agustus 2018. Diharapkan materi ini dipahami dengan baik, sehingga bisa lebih mengenal hak-hak anak yang diatur dalam hukum di Indonesia. LAHA Padalarang_180814_0016