Home / Uncategorized / Pendidikan dan Pelatihan Internal “Teknik Menangani Klien dalam Perspektif Psikologi”

Pendidikan dan Pelatihan Internal “Teknik Menangani Klien dalam Perspektif Psikologi”

asd

Pada tanggal 20 Oktober 2018 diselenggarakan Pendidikan dan Pelatihan Internal (Diklat) merupakan salah satu dari kegiatan non rutin Lembaga Bantuan Hukum “Pengayoman” Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR). Tujuan utama dari Diklat ini adalah untuk melatih serta meningkatkan soft skills dan hanya ditujukan kepada anggota Lembaga Bantuan Hukum “Pengayoman” UNPAR. Melalui kegiatan ini, seluruh jajaran struktur organisasi Lembaga Bantuan Hukum “Pengayoman” UNPAR diharapkan dapat meningkatkan pemahaman serta dapat mengaplikasikannya ke dalam praktik sehari-hari.

Diklat yang akan dilakukan pada kali ini berjudul “Teknik Menangani Klien dalam Perspektif Psikologi”. Judul ini kami ambil, karena kami anggota Lembaga Bantuan Hukum “Pengayoman” UNPAR perlu mendapatkan sebagian ilmu dari perspektif psikologi dalam menangani klien. Kami dari Lembaga Bantuan Hukum “Pengayoman” UNPAR menghadapi klien yang memiliki keragaman usia dari berbagai kalangan. Oleh karena itu, terdapat hal-hal yang harus diperhatikan dalam menangani klien yang berbeda usia. Tentunya dalam menangani klien dengan usia beraneka ragam memerlukan teknik tertentu untuk menggali informasi hukum dari mereka.

Diklat kali ini akan membahas mengenai teknik untuk menangani klien dari sudut pandang Psikologi. Hal yang menjadi perhatian khusus adalah teknik mengenali dan memahami karakter klien dengan beragam usia seperti anak, laki-laki dewasa, maupun wanita dewasa. Setelah mengetahui mengenai langkah-langkah dalam menangani klien tersebut, maka akan dilanjutkan dengan simulasi. Simulasi diperlukan untuk mematangkan hasil-hasil pemahaman yang telah diperoleh pada sesi sebelumnya.

Teknik menangani klien ini sangat penting agar Kepala, Staf, dan Relawan Lembaga Bantuan Hukum “Pengayoman” Universitas Katolik Parahyangan dapat mengembangkan kualitas sumber daya manusia yang ada dan meningkatkan profesionalitas dari masing-masing pemberi bantuan hukum yang berada di Lembaga Bantuan Hukum “Pengayoman” UNPAR, terkhusus dalam menangani klien yang datang berkonsultasi ke Lembaga Bantuan Hukum “Pengayoman” UNPAR. Berdasarkan uraian di atas, maka LBH “Pengayoman” UNPAR mengadakan kegiatan Diklat tentang Teknik Menangani Klien dalam Perspektif Psikologi. Pada kegiatan ini akan diikuti oleh seorang Kepala, 3 (tiga) orang Staf, dan 9 (sembilan) orang Relawan Lembaga Bantuan Hukum “Pengayoman” UNPAR dengan mengundang 2 (dua) orang narasumber adalah Dosen Psikologi yang berasal dari Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia.

Pada kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Internal kali ini akan diundang 2 (dua) orang Dosen  dari Universitas Pendidikan Indonesia sebagai pembicara, yaitu:

  • Sri Mashlilah, M.Psi., Psi.; dan
  • Muthia Dwi Santika, M.Psi., Psi