Home / Uncategorized / Pendidikan dan Pelatihan Internal “Metode Pengajaran Interaktif dalam Pendidikan Hukum Klinis (Clinical Legal Education)”

Pendidikan dan Pelatihan Internal “Metode Pengajaran Interaktif dalam Pendidikan Hukum Klinis (Clinical Legal Education)”

CLE November 2018_181128_0005

LBH “Pengayoman” UNPAR mengadakan kegiatan Diklat tentang “Metode Pengajaran Interaktif dalam Pendidikan Hukum Klinis (Clinical Legal Education)” pada Sabtu, 24 November 2018 di Ruang 2102 Lantai 1 – Gedung 2 Fakultas Hukum Universitas Katolik Parahyangan Jalan Ciumbuleuit nomor 94 Bandung. Kegiatan ini dihadiri oleh anggota LBH dan 3 orang dosen Fakultas Hukum Universitas Pasundan sebagai narasumber yaitu Leni Widi Mulyadi S.H., M.H., Hesti Septianita S.H., M.H., dan Rosa Tedjabuwana S.H., M.H.

Pendidikan Hukum Klinis (Clinical Legal Education) merupakan suatu kegiatan yang mempelajari hukum dengan cara langsung terjun ke lapangan dan menyelesaikan permasalahan hukum yang terjadi. Pada Diklat kali ini, anggota LBH diajarkan mengenai persiapan yang harus dilakukan mulai dari awal hingga akhir. Metode Pengajaran Interaktif dalam Pendidikan Hukum Klinis (Clinical Legal Education) yang akan diajarkan yaitu Teaching Method serta Pengenalan dan Penerapan Lesson Plan. Teknik berbagi Ilmu Hukum ini sangat penting agar anggota LBH dapat mengembangkan kualitas sumber daya manusia yang ada dan meningkatkan profesionalitas dari masing-masing pemberi bantuan hukum, terkhusus dalam memberikan materi Ilmu Hukum relevan bagi masyarakat saat melakukan penyuluhan hukum atau pelatihan hukum.

Tujuan dari kegiatan diklat ini yaitu untuk mengetahui berbagai macam Metode Pengajaran Interaktif dalam Pendidikan Hukum Klinis (Clinical Legal Education), untuk meningkatkan pengetahuan dan menerapkan pengetahuan yang terkait dengan Metode Pengajaran Interaktif dalam Pendidikan Hukum Klinis (Clinical Legal Education) yang dapat digunakan untuk membantu para Staf dan Relawan dalam melakukan baik penyuluhan maupun pelatihan terhadap masyarakat, untuk melatih para Staf dan Relawan agar dapat menyampaikan materi dalam penyuluhan dan pelatihan supaya mudah diterima oleh peserta penyuluhan maupun pelatihan, dan untuk melatih para Staf dan Relawan agar semakin percaya diri ketika berbicara di depan umum.

Dalam diklat ini diajarkan beberapa metode Pendidikan Hukum Klinis (Clinical Legal Education) yang diharapkan dapat diterapkan pada saat LBH “Pengayoman” UNPAR melakukan penyuluhan atau pelatihan. Metode yang diajarkan yaitu brainstormingranking, roleplay, visual aid, dan lain sebagainya.

CLE November 2018_181128_0019   CLE November 2018_181128_0063