Home / Kegiatan / Penyuluhan

Penyuluhan

Salah satu jenis kegiatan rutin tahunan yang dilakukan oleh LBH “Pengayoman” UNPAR adalah Penyuluhan hukum. Penyuluhan hukum dilaksanakan kepada masyarakat di dalam maupun di luar Universitas Katolik Parahyangan. Hal tersebut merupakan salah satu bentuk pelaksanaan nilai Universitas Katolik Parahyangan yakni “ Bakuning Hyang Mrih Guna Santyaya Bhakti” yang artinya, Berdasarkan Ke Tuhanan Menuntut Ilmu untuk Dibaktikan kepada Masyarakat.

Dalam kegiatan tersebut, anggota LBH “Pengayoman” UNPAR memberikan materi dan pemahaman kepada peserta penyuluhan sebagai upaya untuk meningkatkan pemahaman, kemampuan, serta kesadaran hukum para peserta penyuluhan. Sebagaimana kita ketahui bahwa hukum adalah suatu hal yang essensial dalam mengatur dan meningkatkan kesejahteraan hidup masyarakat, maka sudah barang tentu masyarakat berhak memperoleh informasi serta pengetahuan tentang hukum untuk mempertahankan hak-haknya  dan melakukan apa yang menjadi kewajibannya. Dengan demikian, LBH “Pengayoman“ memberikan suatu wadah atau sarana bagi masyarakat awam untuk lebih memahami hukum.

Dalam beberapa tahun terakhir, LBH “Pengayoman” UNPAR telah melakukan berbagai penyuluhan di beberapa tempat mengenai beberapa materi hukum. Terakhir di tahun 2014 kemarin, anggota LBH “Pengayoman” UNPAR mengunjungi penduduk di Desa Parigi untuk memberikan penyuluhan hukum mengenai “Peningkatan Kesadaran Hukum Dalam Menanggulangi Tindak Pidana Perdagangan Orang”.