Home / Kegiatan / Pelatihan

Pelatihan

Pelatihan Hukum dilaksanakan LBH “Pengayoman” UNPAR kepada masyarakat di dalam maupun di luar Universitas Katolik Parahyangan. Hal tersebut merupakan salah satu bentuk pelaksanaan nilai Universitas Katolik Parahyangan yakni “ Bakuning Hyang Mrih Guna Santyaya Bhakti” yang artinya, Berdasarkan Ke Tuhanan Menuntut Ilmu untuk Dibaktikan kepada Masyarakat.

Dalam pelatihan hukum, LBH “Pengayoman” UNPAR tidak sekedar memberikan materi pemahaman kepada peserta, tetapi juga memberikan suatu pelatihan secara nyata untuk mengasah kemampuan dan keterampilan para peserta mengenai materi terkait. Hal itu didasarkan karena masyarakat seringkali tidak terlepas dari pembuatan suatu produk yang berkaitan dengan hukum, seperti kontrak, regulasi-regulasi, peraturan perusahaan, dan sebagainya. Masyarakat pun seringkali dihadapkan kepada suatu produk yang berkaitan dengan hukum dan dituntut untuk memahami serta mengidentifikasi produk tersebut secara cermat dalam rangka menjunjung hak dan kewajibannya. Oleh karenanya, LBH “Pengayoman” memfasilitasi masyarakat untuk dapat memahami dan mengasah kemampuan yuridis masyarakat melalui kegiatan pelatihan hukum ini.

Beberapa tahun terakhir, LBH “Pengayoman” UNPAR telah melakukan berbagai pelatihan hukum di beberapa tempat mengenai materi-materi hukum tertentu. Terakhir, di tahun 2014 kemarin LBH “Pengayoman” UNPAR mengunjungi penduduk, khususnya apparat desa di Desa Parigi untuk memberikan pelatihan hukum mengenai “Perancangan Produk Hukum Desa” .